PORTOFOLIO

Saturday, July 25, 2020

RPP 1 Lembar Jujur dan Menepati Janji || RPP PAI 1 Lembar Kegiatan daring menggunakan Grup WA dan Google classroom

RPP 1 Lembar Jujur dan Menepati Janji || RPP PAI 1 Lembar Kegiatan daring menggunakan Grup WA dan Google classroom






Pertemuan 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                                : SMPN 3 Genteng

Mata Pelajaran                     : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester                    : IX / Ganjil

Materi Pokok                        : Perilaku Jujur dan menepati janji

Alokasi Waktu                      : 1 Pertemuan daring (pert 1)

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  • ·         Meyakini bahwa jujur dan menepati janji adalah ajaran pokok agama
  • ·         Mendeskripsikan pengertian jujur  dengan benar.
  • ·         Menyebutkan dalil naqli tentang jujur dengan benar.
  • ·         Menyajikan contoh  perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari  dengan benar.
  • ·         Berperilaku jujur  di keluarga, di sekolah, dan di masyarakat

B.   Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal

  • Siswa sudah mempersiapkan pembelajaran melalui Grup WA dan Classro
  • Guru menyapa peserta didik dan melakukan presensi melalui Classroom
  • Peserta didik membaca kontrak belajar (pengumuman) di chat Classroom
  • Peserta didik mengikuti arahan guru melalui forum Classroom

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik mengamati tayangan Vidio tentang materi Jujur pada link  https://www.youtube.com/watch?v=F6Sk516TIHw

b. Peserta didik menanggapi tayangan video tersebut dengan menggunakan forum Classroom

c. Setelah bahan tayang selesai diputar akan diberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, dan siswa juga akan ditunjuk secara acak untuk menjawab pertanyaan

d.   Siswa berdiskusi dan  mengerjakan tugas sesuai yang diminta dalam bahan tayang dalam lembar kerja (kolom tugas 1 dalam topic materi 2 di Classroom)


3, Kegiatan Penutup

a.   Pemberian Feedback dari hasil presentasi siswa (penilaian posisif, inspiratif) berupa rekaman audio dan dikirm di chat forum classroom atau melalui WA Grup

b.   Penguatan materi esensial berupa tayangan PPT atau link rekaman video yang diunggah di channel youtube,

C.   Assesment/ Penilaian

1. Formatif : Test formatif berupa kuis atau latihan pada link GOOGLE FORM

2. Praktik :  Membaca dengan tartil QS Al-Ahzab/33: 70 atau QS Ali Imron/3 : 77 (pilih salah satu)

3. Sikap : Keaktifan/ partisipasi siswa saat diskusi, interaksi dalam forum (google Classroom maupun Grup WA) dan  Ketepatan waktu mengumpulkan.

 

 

                                                                             Genteng, 27 Juli 2020

Mengetahui;                                                           Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah,                                                       PAI dan Budi Pekerti,                     

 

 

                 

.......................                             ............................

NIP.  .................................                                       NIP. ......................................






RPP Pertemuan kedua Jujur dan Menepati Janji


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                                  : SMP Negeri 3 Genteng

Mata Pelajaran                     : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester                    : IX / Ganjil

Materi Pokok                        : Perilaku Menepati Janji dan menepati janji

Alokasi Waktu                      : 1 Pertemuan daring (pert 2)

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  • ·       Meyakini bahwa Menepati Janji dan menepati janji adalah ajaran pokok agama
  • ·         Mendeskripsikan pengertian menepati janji  dengan benar.
  • ·         Menyebutkan dalil naqli tentang menepati janji dengan benar.
  • ·         Menyajikan contoh  perilaku  menepati janji dalam kehidupan sehari-hari
  • ·         Berperilaku menepati janji di keluarga, di sekolah, dan di masyarakat dengan benar.

B.   Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal

  • Siswa sudah mempersiapkan pembelajaran melalui Grup WA dan Classroom
  • Guru menyapa peserta didik dan melakukan presensi melalui Classroom
  • Peserta didik membaca kontrak belajar (pengumuman) di chat Classroom
  • Peserta didik mengikuti arahan guru melalui forum Classroom

2. Kegiatan Inti

  • Peserta didik mengamati tayangan Vidio tentang materi Menepati Janji pada link  https://www.youtube.com/watch?v=F6Sk516TIHw
  • Peserta didik menanggapi tayangan video tersebut dengan menggunakan forum Classroom
  • Setelah bahan tayang selesai diputar akan diberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, dan siswa juga akan ditunjuk secara acak untuk menjawab pertanyaan
  • Siswa berdiskusi dan  mengerjakan tugas sesuai yang diminta dalam bahan tayang dalam lembar kerja (kolom tugas 1 dalam topic materi 2 di Classroom)
  • Siswa mengerjakan Test formatif berupa kuis pada link google form

 3. Kegiatan Penutup

  • Pemberian Feedback dari hasil presentasi siswa (penilaian posisif, inspiratif) berupa rekaman audio dan dikirm di chat forum classroom atau melalui WA Grup
  • Penguatan materi esensial berupa tayangan PPT atau link rekaman video yang diunggah di channel youtube,

C.   Assesment/ Penilaian

1. Formatif : Test formatif berupa kuis atau latihan pada link GOOGLE FORM

2. Praktik :  Membaca dengan tartil QS Al-Ahzab/33: 70 atau QS Ali Imron/3 : 77 (pilih salah satu)

3. Sikap : Keaktifan/ partisipasi siswa saat diskusi, interaksi dalam forum (google Classroom maupun Grup WA) dan  Ketepatan waktu mengumpulkan.

 

 

                                                                                         Genteng, 3 Agustus 2020

Mengetahui;                                                                     Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah,                                                               PAI dan Budi Pekerti,                      

                 

.....................                                    ..........................

NIP.  ...............................                                                  NIP. ...................................

 







2 comments:

Kontribusi Peradaban Islam Bani Abbasiyah di Indonesia: Jejak Bersejarah yang Menginspirasi

  Indonesia, sebagai negeri dengan sejarah panjang dan kaya budaya, telah menjadi saksi berbagai peradaban yang turut membentuk wajahnya. Sa...