RPP PAI KELAS 8
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH DAN MENCINTAI AL-QURAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP NEGERI 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VIII /
I
Materi
Pokok :
Meyakini
Kitab-kitab Allah, Mencintai Al-Qur’an
Alokasi
Waktu :
2 X Pertemuan (6 JP)
A.
Kompetensi Inti
KI-1
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI-3
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
KI-4
|
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1.
|
1.2 Meyakini kitab suci al-Qurān sebagai
pedoman hidup sehari-hari.
|
|
2.
|
3.4 Memahami makna beriman kepada kitab-kitab Allah
Swt.
|
3.4.1 Menjelaskan pengertian iman kepada
kitab-kitab Allah dengan benar.
3.4.2 Menyebutkan
nama-nama kitab Allah SWT. Dan rasul penerimanya dengan benar.
3.4.3 Memahami kitab Allah
sebagai petunjuk manusia dengan baik.
3.4.4 Memahami Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam dengan baik.
3.4.5 Menjelaskan
perbedaan kitab dengan suhuf dengan baik.
3.4.6 Memahami
hikmah beriman kepada kitab Allah dengan baik.
3.4.7 Membiasakan
mengamalkan ajaran Allah dalam kitab suci al-Qurān dalam
kehidupan sehari- hari dengan benar.
|
3.
|
4.4
Menyajikan dalil naqli tentang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
|
4.4.1 Menyebutkan dalil naqli tentang nama kitab-kitab Allah
dengan lancar dan benar.
4.4.2 Menuliskan dalil naqli tentang nama kitab-kitab Allah dengan benar
4.4.3 Menyebutkan dalil naqli bukti kemurnian al-Qurān dengan
benar dan lancar.
4.4.4 Menuliskan dalil naqli tentang kitab
dan suhuf dengan benar.
|
C. Deskripsi Materi Pembelajaran
1. Iman kepada kitab Allah berarti
percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah telah menurunkan
kitab-kitab-Nya kepada para Rasul-Nya untuk disampaikan kepada seluruh umat
manusia. Kitab-kitab itu merupakan pedoman hidup bagi manusia agar dapat meraih kebahagiaan
di dunia dan akhirat.
2. Beriman kepada Kitab-kitab Allah yang telah
diturunkan kepada para Rasul-Nya hukumnya wajib.
3. Jika ditinjau dari segi masa
turunnya, kitab yang diturunkan oleh Allah di dunia ada 4 kitab, yaitu Taurat, Zabur, Injil, dan al-Qur’ān.
4. Kitab Taurat diturunkan Allah kepada Nabi Musa, kitab Zabur diturunkan
Allah kepada Nabi Daud untuk kaum Yahudi, kitab Injil diturunkan
kepada Nabi Isa hanya untuk kaum Nasrani. Kitab al-Qur’ān merupakan
kitab yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad untuk seluruh umat manusia di
dunia. Kitab Suci al-Qur’ān diturunkan Allah sebagai penyempurna dan membenarkan kitab-kitab
sebelumnya.
5. Keutamaan al-Qur’ān, yaitu: isi kandungannya lengkap karena mencakup
segala aspek kehidupan; isinya sesuai dengan perkembangan zaman; susunan
bahasanya yang sangat indah; membaca dan mendengarkannya merupakan ibadah;
memuliakan akal pikiran manusia; menjadi penawar penyakit; membenarkan
keberadaan kitab-kitab Allah Swt. yang terdahulu dan menyempurnakan
hukum-hukumnya; sebagai mukjizat Nabi Muhammad yang paling besar; tidak pernah
mengalami perubahan karena terpelihara kemurniannya hingga akhir zaman; dan
memadukan antara ilmu, iman, dan amal-perbuatan.
6. Orang yang beriman kepada Kitab Allah akan senantiasa meyakini bahwa ajaran
Allah itu adalah untuk kebaikan dan kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat.
D. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Inquiry
3. Diskusi/ TPS (Think Pair Share)
E. Media Pembelajaran
1. Video
2. Gambar
3. Papan Tulis
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1:
1. Pendahuluan
-
Guru memasuki ruangan dengan tersenyum dan mengucapkan salam
-
Guru memriksa daftar hadir siswa
-
Guru memperhatikan kerapian kelas dan tempat duduk sesuai dengan kegiatan
yang akan dilakukan (diskusi)
-
Guru dan sisiwa mengawali kegiatan dengan membaca basmalah
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
-
Siswa mengamati video https://www.4shared.com/s/fUC3ynKqlfi
tentang iman kepada kitab-kitab Allah
-
Setelah mengamati video siswa mendiskusikan materi yang ada di video
tersebut sesuai dengan lembar kerja yang diberikan guru
-
Siswa perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
-
Kelompok yang
menyimak presentasi dari kelompok lain menanggapi, mengkritik, menyanggah serta
saling memberi masukan.
-
Jawaban dari masing-masing kelompok akan diluruskan oleh guru yang mana
bertindak sebagai penengah diskusi.
-
Peserta didik diberikan penjelasan oleh guru terkait materi meyakini kitab-kitab Allah, mencintai Al-Qur’an.
3. Penutup (10)
-
Guru dan siswa mengambil kesimpulan atas materi yang telah dipelajari
-
Guru memberikan gambaran tentang materi pertemuan selanjutnya
-
Pembelajaran diakhiri dengan bacaan hamdalah bersama
-
Guru mengucapkan salam
G.
Penilaian
Hasil Belajar
1. Sikap
Spiritual (Observasi)
·
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
Isi diskusi.
·
Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.
·
1. Instrumen Penilaian Spiritual
a. Penilaian Sikap
Rubrik
Penilaian Sikap dalam Mengikuti Diskusi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maks.
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
1.
|
|||||||||||
2.
|
|||||||||||
3.
|
|||||||||||
4.
|
|||||||||||
5.
|
|||||||||||
Dst.
|
Keterangan:
T
: Tuntas
TT
: Tidak tuntas
R :
Remedial
P
: Pengayaan
Aspek dan cara penilaian:
1) Kejelasan dan kedalaman informasi
a. Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi
lengkap dengan sempurna, skor 30.
b. Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi
lengkap dengan kurang sempurna, skor 20.
c. Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi
kurang lengkap, skor 10.
2) Keaktifan
dalam diskusi
a. Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b. Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c. Jika kelompok tersebut berperan kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3) Kejelasan
dan kerapian presentasi
a. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi,
skor 40.
b. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor
30.
c. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang
rapi, skor 20.
d. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan
kurang rapi, skor 10.
b. Penilaian diri (instrumen ada di buku paket)
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Soal
|
Jumlah Skor
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1.
|
||||||||
Dst.
|
Keterangan:
J = setuju,
skor 3
K = biasa
saja, skor 2
L = tidak
setuju, skor 1
Kriteria
penilaian dapat dilakukan sebagai berikut.
1. Jika seorang peserta didik memperoleh skor 13-15 dapat ditetapkan sangat
kompeten (A).
2. Jika seorang peserta didik memperoleh skor 9-12 dapat ditetapkan kompeten
(B).
3. Jika seorang peserta didik memperoleh skor 5-8 dapat ditetapkan kurang
kompeten (C).
4. Jika seorang peserta didik memperoleh skor 0-4 dapat ditetapkan tidak
kompeten (D).
Pertemuan : 2
1. Pendahuluan (10)
-
Guru memasuki ruangan dengan tersenyum dan mengucapkan salam
-
Guru memeriksa daftar hadir siswa
-
Guru memperhatikan kerapian kelas dan tempat duduk sesuai dengan kegiatan
yang akan dilakukan
-
Guru dan sisiwa mengawali kegiatan dengan membaca basmalah
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
-
Siswa membaca dalil dengan dipimpin seorang siswa
-
Siswa mencari dalil tentang beriman kepada kitab-kitab Allah sesuai dengan
Lembar Kerja yang disediakan guru
-
Siswa secara berpasangan mendiskusikan solusi (problem solving) tentang
menjaga Al-Quran
-
Perwakilan sisiwa mempresentasikan hasil diskusi tentang masaslah menjaga
Al-Quran
-
Siswa lain menyimak
dan menanggapi, mengkritik, menyanggah serta saling memberi masukan.
-
Jawaban akan diluruskan oleh guru yang mana bertindak sebagai penengah
diskusi.
-
Peserta didik diberikan penjelasan oleh guru terkait materi meyakini kitab-kitab Allah, mencintai Al-Qur’an.
3. Penutup (10)
-
Guru dan siswa mengambil kesimpulan atas materi yang telah dipelajari
-
Guru memberikan gambaran tentang materi pertemuan selanjutnya
-
Pembelajaran diakhiri dengan bacaan hamdalah bersama
-
Guru mengucapkan salam
G.
Penilaian
Hasil Belajar
2. Pengetahuan
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda. (dikerjakan secara mandiri melalui online
ikoatulanisah.blogspot.com
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Pilihlah satu jawaban yang tepat a, b, c, d dan e dengan tanda (silang)!
1. Meyakini keberadaan kitab-kitab
Allah merupakan perkara yang sangat penting bagi umat Islam. Sebagai orang yang
beriman kepada kitab Allah berarti kita harus....
a. mempercayai dan mengamalkan semua
isi kitab Allah Swt.
b. percaya bahwa kitab-kitab itu
betul-betul dari Allah Swt.
c. percaya dan mengamalkan semua
kitab-kitab yang ada
d. menganggap bahwa al-Qur’ān saja
yang perlu dipercayai
2. Dalam al-Qur’ān disebutkan
ada 4 kitab yang diturunkan kepada 4 Rasul. Keempat Rasul tersebut adalah....
a. Nuh, Ibrahim, Musa, Muhammad
b. Musa, Ibrahim, Isa, Muhammad
c. Nuh, Dawud, Isa, Muhammad
d. Musa, Dawud, Isa, Muhammad
3. Di antara 4 kitab Allah yang paling
awal/terdahulu adalah kitab....
a. Taurat
b. Al-Qur’ān
c. Zabur
d. Injil
4. Semua kitab Allah berisi ajaran yang
benar dan baik sesuai dengan masanya. Ajaran yang sama dan tertuang dalam semua
kitab Allah adalah tentang....
a. tata cara bersuami istri
b. perintah mengesakan Allah Swt.
c. larangan membunuh binatang
d. perintah bersatu padu
5. Kitab Zabur diturunkan pada
abad ke- ....
a. 16 SM
b. 12 SM
c. 10 SM
d. 5 SM
6. Kitab Injil pada awalnya
ditulis dengan bahasa....
a. Ibrani
b. Yunani
c. Qibti
d. Suryani
7. Potongan Q.S. al-Isrā’: 55 tersebut
menjelaskan tentang....
a. Allah Swt. menurunkan kitab Taurat
kepada Nabi Musa a.s.
b. Allah Swt. menurunkan kitab Zabur
kepada Nabi Daud a.s.
c. Allah Swt. menurunkan kitab Zabur
kepada Nabi Isa a.s.
d. Allah Swt. menurunkan kitab al-Qur’ān
kepada Nabi Muhammad saw.
8. Pengertian suhuf adalah....
a. wahyu yang diterima para nabi dan dibukukan
b. ucapan para nabi yang sudah tertulis dan
dibukukan
c. ketetapan para sahabat Nabi yang telah
dibukukan
d. lembaran wahyu Allah Swt. yang tidak
dibukukan
9. Di antara Nabi berikut ini yang
menerima suhuf adalah Nabi….
a. Harun a.s.
b. Ibrahim a.s.
c. Ismail a.s.
d. Sulaiman a.s.
10. Semua peraturan yang berasal dari
Allah Swt. pasti benar. Sedangkanperaturan yang berasal dari manusia belum
tentu benar, sebab ....
a. manusia sebagai makhluk sosial
b. tidak ada makhluk yang sempurna
c. manusia memiliki banyak kelemahan
d. Al-Qur’ān merupakan peraturan yang
benar
Kunci Jawaban:
No.
|
Kunci Jawaban
|
No.
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
B
|
6.
|
D
|
2.
|
D
|
7.
|
B
|
3.
|
A
|
8.
|
D
|
4.
|
B
|
9.
|
B
|
5.
|
C
|
10.
|
C
|
Penilaian:
Soal Pilihan Ganda (PG)
Skor
penilaian jawaban soal pilihan ganda adalah: jumlah jawaban benar x 1 (skor
maksimal 10 x 10= 100).
3. Keterampilan
Membuat paparan analisis hubungan antara perilaku umat
dengan kitab sucinya.
Instrumen:
1. Aisyah sedang berada di perjalanan
dari rumah ke sekolah. Di tengah perjalanan dia melihat lembaran yang menarik
perhatiannya. Setelah didekati ternyata lembaran yang tergeletak di pinggir
jalan itu berisi ayat al-Qur’ān. Apakah yang harus dilakuan oleh Aisyah,
sedangkan dia pada saat itu sedang menstruasi? Diskusikan masalah tersebut
dengan kelompok kalian masing-masing! (jawaban minimal dua alternatif).
Penilaian
a) Jika
peserta didik dapat menuliskan dua cara yang dapat dilakukan Anisa ketika
melihat lembaran kertas yang tergeletak di pinggir jalan padahal ia sedang
menstruasi dengan benar dan dikumpulkan tepat waktu, skor 100.
b) Jika
peserta didik dapat menuliskan dua cara yang dapat dilakukan Anisa ketika
melihat lembaran kertas yang tergeletak di pinggir jalan padahal ia sedang
menstruasi dengan benar dan dikumpulkan tidak tepat waktu, skor 75.
c) Jika
peserta didik dapat menuliskan satu cara yang dapat dilakukan Anisa ketika
melihat lembaran kertas yang tergeletak di pinggir jalan padahal ia sedang
menstruasi dengan benar dan dikumpulkan tepat waktu, skor 50.
d) Jika
peserta didik dapat menuliskan satu cara yang dapat dilakukan Anisa ketika
melihat lembaran kertas yang tergeletak di pinggir jalan padahal ia sedang
menstruasi dengan benar dan dikumpulkan tidak tepat waktu, skor 25.
Genteng, 15 Juli 2019
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, Pendidikan
Agama Islam
( ) ( )
NIP. NIP.
file ini bisa diunduh menggunakan 4shared disini
Kereeen
ReplyDelete