PORTOFOLIO

Thursday, July 18, 2019

RPP PAI KLS 8 Iman Kepada Kitab Allah

RPP PAI KELAS 8
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH DAN MENCINTAI AL-QURAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah              :    SMP NEGERI 3 GENTENG
Mata Pelajaran             :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            :    VIII / I           
Materi Pokok                  :    Meyakini Kitab-kitab Allah, Mencintai Al-Qur’an
Alokasi Waktu                :   2 X Pertemuan (6 JP)

A.      Kompetensi Inti
KI-1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
1.2 Meyakini kitab suci al-Qurān sebagai pedoman hidup sehari-hari.

2.
3.4 Memahami makna beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
3.4.1   Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah dengan benar.
3.4.2   Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT. Dan rasul penerimanya dengan benar.
3.4.3   Memahami kitab Allah sebagai petunjuk manusia dengan baik.
3.4.4   Memahami Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam dengan baik.
3.4.5   Menjelaskan perbedaan kitab dengan suhuf dengan baik.
3.4.6   Memahami hikmah beriman kepada kitab Allah dengan baik.
3.4.7   Membiasakan mengamalkan ajaran Allah dalam kitab suci al-Qurān dalam kehidupan sehari- hari dengan benar.
3.
4.4 Menyajikan dalil naqli tentang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.4.1   Menyebutkan dalil naqli tentang nama kitab-kitab Allah dengan lancar dan benar.
4.4.2   Menuliskan dalil naqli tentang nama kitab-kitab Allah dengan benar
4.4.3   Menyebutkan dalil naqli bukti kemurnian al-Qurān dengan benar dan lancar.
4.4.4   Menuliskan dalil naqli tentang kitab dan suhuf dengan benar.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran
1.    Iman kepada kitab Allah berarti percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para Rasul-Nya untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Kitab-kitab itu merupakan pedoman hidup bagi manusia agar dapat meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.
2.    Beriman kepada Kitab-kitab Allah yang telah diturunkan kepada para Rasul-Nya hukumnya wajib.
3.    Jika ditinjau dari segi masa turunnya, kitab yang diturunkan oleh Allah di dunia ada 4 kitab, yaitu Taurat, Zabur, Injil, dan al-Qur’ān.
4.    Kitab Taurat diturunkan Allah kepada Nabi Musa, kitab Zabur diturunkan Allah kepada Nabi Daud untuk kaum Yahudi, kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa hanya untuk kaum Nasrani. Kitab al-Qur’ān merupakan kitab yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad untuk seluruh umat manusia di dunia. Kitab Suci al-Qur’ān diturunkan Allah sebagai penyempurna dan membenarkan kitab-kitab sebelumnya.
5.    Keutamaan al-Qur’ān, yaitu: isi kandungannya lengkap karena mencakup segala aspek kehidupan; isinya sesuai dengan perkembangan zaman; susunan bahasanya yang sangat indah; membaca dan mendengarkannya merupakan ibadah; memuliakan akal pikiran manusia; menjadi penawar penyakit; membenarkan keberadaan kitab-kitab Allah Swt. yang terdahulu dan menyempurnakan hukum-hukumnya; sebagai mukjizat Nabi Muhammad yang paling besar; tidak pernah mengalami perubahan karena terpelihara kemurniannya hingga akhir zaman; dan memadukan antara ilmu, iman, dan amal-perbuatan.
6.    Orang yang beriman kepada Kitab Allah akan senantiasa meyakini bahwa ajaran Allah itu adalah untuk kebaikan dan kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat.

D.  Metode Pembelajaran
1.    Tanya jawab
2.    Inquiry
3.    Diskusi/ TPS (Think Pair Share)

E.   Media Pembelajaran
1.     Video
2.    Gambar
3.    Papan Tulis

F.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1:
1.    Pendahuluan
-       Guru memasuki ruangan dengan tersenyum dan mengucapkan salam
-       Guru memriksa daftar hadir siswa
-       Guru memperhatikan kerapian kelas dan tempat duduk sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan (diskusi)
-       Guru dan sisiwa mengawali kegiatan dengan membaca basmalah
-       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Kegiatan Inti
-       Siswa mengamati video https://www.4shared.com/s/fUC3ynKqlfi tentang iman kepada kitab-kitab Allah
-       Setelah mengamati video siswa mendiskusikan materi yang ada di video tersebut sesuai dengan lembar kerja yang diberikan guru
-       Siswa perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
-       Kelompok yang menyimak presentasi dari kelompok lain menanggapi, mengkritik, menyanggah serta saling memberi masukan.
-       Jawaban dari masing-masing kelompok akan diluruskan oleh guru yang mana bertindak sebagai penengah diskusi.
-       Peserta didik diberikan penjelasan oleh guru terkait materi meyakini kitab-kitab Allah, mencintai Al-Qur’an.
3.    Penutup (10)
-       Guru dan siswa mengambil kesimpulan atas materi yang telah dipelajari
-       Guru memberikan gambaran tentang materi pertemuan selanjutnya
-       Pembelajaran diakhiri dengan bacaan hamdalah bersama
-       Guru mengucapkan salam
G.      Penilaian Hasil Belajar

1.   Sikap Spiritual (Observasi)
·         Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·      Isi diskusi.
·      Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.
·       
1.      Instrumen Penilaian Spiritual

a.      Penilaian Sikap

Rubrik Penilaian Sikap dalam Mengikuti Diskusi
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang dinilai
Skor Maks.
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
1
2
3
4
T
TT
R
P
1.       











2.       











3.       











4.       











5.       











Dst.












Keterangan:
T        : Tuntas
TT      : Tidak tuntas
R        : Remedial
P        : Pengayaan

Aspek dan cara penilaian:
1)  Kejelasan dan kedalaman informasi
a.    Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi lengkap dengan sempurna, skor 30.
b.    Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi lengkap dengan kurang sempurna, skor 20.
c.    Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi kurang lengkap, skor 10.
2) Keaktifan dalam diskusi
a.    Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b.    Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c.    Jika kelompok tersebut berperan kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3)  Kejelasan dan kerapian presentasi
a.    Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b.    Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c.    Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
d.    Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan kurang rapi, skor 10.

b.      Penilaian diri (instrumen ada di buku paket)
No.
Nama Peserta Didik
Soal
Jumlah Skor
Keterangan
1
2
3
4
5
1.       








Dst.









Keterangan:
J = setuju, skor 3
K = biasa saja, skor 2
L = tidak setuju, skor 1
Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut.
1.     Jika seorang peserta didik memperoleh skor 13-15 dapat ditetapkan sangat kompeten (A).
2.     Jika seorang peserta didik memperoleh skor 9-12 dapat ditetapkan kompeten (B).
3.     Jika seorang peserta didik memperoleh skor 5-8 dapat ditetapkan kurang kompeten (C).
4.     Jika seorang peserta didik memperoleh skor 0-4 dapat ditetapkan tidak kompeten (D).


Pertemuan : 2
1.    Pendahuluan (10)
-       Guru memasuki ruangan dengan tersenyum dan mengucapkan salam
-       Guru memeriksa daftar hadir siswa
-       Guru memperhatikan kerapian kelas dan tempat duduk sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan
-       Guru dan sisiwa mengawali kegiatan dengan membaca basmalah
-       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Kegiatan Inti
-       Siswa membaca dalil dengan dipimpin seorang siswa
-       Siswa mencari dalil tentang beriman kepada kitab-kitab Allah sesuai dengan Lembar Kerja yang disediakan guru
-       Siswa secara berpasangan mendiskusikan solusi (problem solving) tentang menjaga Al-Quran
-       Perwakilan sisiwa mempresentasikan hasil diskusi tentang masaslah menjaga Al-Quran
-       Siswa lain menyimak dan menanggapi, mengkritik, menyanggah serta saling memberi masukan.
-       Jawaban akan diluruskan oleh guru yang mana bertindak sebagai penengah diskusi.
-       Peserta didik diberikan penjelasan oleh guru terkait materi meyakini kitab-kitab Allah, mencintai Al-Qur’an.
3.    Penutup (10)
-       Guru dan siswa mengambil kesimpulan atas materi yang telah dipelajari
-       Guru memberikan gambaran tentang materi pertemuan selanjutnya
-       Pembelajaran diakhiri dengan bacaan hamdalah bersama
-       Guru mengucapkan salam

G.      Penilaian Hasil Belajar

2.    Pengetahuan
·         Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda. (dikerjakan secara mandiri melalui online ikoatulanisah.blogspot.com
    
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Pilihlah satu jawaban yang tepat a, b, c, d dan e dengan tanda (silang)!
1.    Meyakini keberadaan kitab-kitab Allah merupakan perkara yang sangat penting bagi umat Islam. Sebagai orang yang beriman kepada kitab Allah berarti kita harus....
a.   mempercayai dan mengamalkan semua isi kitab Allah Swt.
b.   percaya bahwa kitab-kitab itu betul-betul dari Allah Swt.
c.   percaya dan mengamalkan semua kitab-kitab yang ada
d.   menganggap bahwa al-Qur’ān saja yang perlu dipercayai
2.    Dalam al-Qur’ān disebutkan ada 4 kitab yang diturunkan kepada 4 Rasul. Keempat Rasul tersebut adalah....
a.   Nuh, Ibrahim, Musa, Muhammad
b.   Musa, Ibrahim, Isa, Muhammad
c.   Nuh, Dawud, Isa, Muhammad
d.   Musa, Dawud, Isa, Muhammad
3.    Di antara 4 kitab Allah yang paling awal/terdahulu adalah kitab....
a.   Taurat
b.   Al-Qur’ān
c.   Zabur
d.   Injil



4.    Semua kitab Allah berisi ajaran yang benar dan baik sesuai dengan masanya. Ajaran yang sama dan tertuang dalam semua kitab Allah adalah tentang....
a.   tata cara bersuami istri
b.   perintah mengesakan Allah Swt.
c.   larangan membunuh binatang
d.   perintah bersatu padu
5.    Kitab Zabur diturunkan pada abad ke- ....
a.  16 SM
b.  12 SM
c.  10 SM
d.  5 SM
6.    Kitab Injil pada awalnya ditulis dengan bahasa....
a.  Ibrani
b.  Yunani
c.  Qibti
d.  Suryani
7.    Potongan Q.S. al-Isrā’: 55 tersebut menjelaskan tentang....
a.   Allah Swt. menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa a.s.
b.   Allah Swt. menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Daud a.s.
c.   Allah Swt. menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Isa a.s.
d.   Allah Swt. menurunkan kitab al-Qur’ān kepada Nabi Muhammad saw.
8.    Pengertian suhuf adalah....
a.  wahyu yang diterima para nabi dan dibukukan
b.  ucapan para nabi yang sudah tertulis dan dibukukan
c.  ketetapan para sahabat Nabi yang telah dibukukan
d.  lembaran wahyu Allah Swt. yang tidak dibukukan
9.    Di antara Nabi berikut ini yang menerima suhuf adalah Nabi….
a.   Harun a.s.
b.   Ibrahim a.s.
c.   Ismail a.s.
d.   Sulaiman a.s.
10. Semua peraturan yang berasal dari Allah Swt. pasti benar. Sedangkanperaturan yang berasal dari manusia belum tentu benar, sebab ....
a. manusia sebagai makhluk sosial
b. tidak ada makhluk yang sempurna
c. manusia memiliki banyak kelemahan
d. Al-Qur’ān merupakan peraturan yang benar


Kunci Jawaban:

No.
Kunci Jawaban
No.
Kunci Jawaban
1.       
B
6.
D
2.       
D
7.
B
3.       
A
8.
D
4.       
B
9.
B
5.       
C
10.
C

Penilaian:
 Soal Pilihan Ganda (PG)
Skor penilaian jawaban soal pilihan ganda adalah: jumlah jawaban benar x 1 (skor maksimal 10 x 10= 100).





3.    Keterampilan
Membuat paparan analisis hubungan antara perilaku umat dengan kitab sucinya.
Instrumen:
1.  Aisyah sedang berada di perjalanan dari rumah ke sekolah. Di tengah perjalanan dia melihat lembaran yang menarik perhatiannya. Setelah didekati ternyata lembaran yang tergeletak di pinggir jalan itu berisi ayat al-Qur’ān. Apakah yang harus dilakuan oleh Aisyah, sedangkan dia pada saat itu sedang menstruasi? Diskusikan masalah tersebut dengan kelompok kalian masing-masing! (jawaban minimal dua alternatif).

Penilaian
a)   Jika peserta didik dapat menuliskan dua cara yang dapat dilakukan Anisa ketika melihat lembaran kertas yang tergeletak di pinggir jalan padahal ia sedang menstruasi dengan benar dan dikumpulkan tepat waktu, skor 100.
b)  Jika peserta didik dapat menuliskan dua cara yang dapat dilakukan Anisa ketika melihat lembaran kertas yang tergeletak di pinggir jalan padahal ia sedang menstruasi dengan benar dan dikumpulkan tidak tepat waktu, skor 75.
c)   Jika peserta didik dapat menuliskan satu cara yang dapat dilakukan Anisa ketika melihat lembaran kertas yang tergeletak di pinggir jalan padahal ia sedang menstruasi dengan benar dan dikumpulkan tepat waktu, skor 50.
d)   Jika peserta didik dapat menuliskan satu cara yang dapat dilakukan Anisa ketika melihat lembaran kertas yang tergeletak di pinggir jalan padahal ia sedang menstruasi dengan benar dan dikumpulkan tidak tepat waktu, skor 25.






Genteng, 15 Juli 2019
Mengetahui                                                              Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                              Pendidikan Agama Islam                                            


(                              )                                            (                               )
NIP.                                                                       NIP. 

file ini bisa diunduh menggunakan 4shared disini




 



1 comment:

Kontribusi Peradaban Islam Bani Abbasiyah di Indonesia: Jejak Bersejarah yang Menginspirasi

  Indonesia, sebagai negeri dengan sejarah panjang dan kaya budaya, telah menjadi saksi berbagai peradaban yang turut membentuk wajahnya. Sa...