RPP PAI KELAS 8 DELAPAN SEMESTER GANJIL TAHUN 2022 2023 DISESUAIKAN DENGAN KURIKULUM MERDEKA
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Hidup Bermartabat
dengan Rendah Hati, Hemat dan Hidup sederhana
Alokasi
Waktu : 3 JP (Pertemuan I)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui pendampingan tutor sebaya, peserta didik mampu
membaca Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. Al-Isra’/17: 26-27 dan hadis terkait dengan
tartil, sehingga terbiasa menjalankan isi bacaan yang dibacanya pada Q.S.
al-Furqan/25: 63, Q.S. Al-Isra’/17: 26-27 serta hadis terkait.
Ø Melalui model pembelajaran berbasis penyingkapan
(discovery learning), peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan mad,
mengartikan, dan menjelaskan rendah hati, hemat, dan hidup sederhana dengan
benar, sehingga terbiasa bersikap rendah hati dan berperilaku hemat dan
sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
ü Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B.
Kegiatan Inti
ü Guru Bersama siswa membaca Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S.
Al-Isra’/17: 26-27 melalui media yang sudah disediakan (dalam LKPD)
ü Guru membagi Materi dibagi dalam dua sub materi:
Materi
1 : Q.S. al-Furqan/25: 63 dan Materi 2: Q.S. Al-Isra’/17: 26-27
ü Membentuk kelompok peserta didik yang beranggotakan
4-5 orang dari:
a.
Kelompok 1, 3,
dan 5: membaca Q.S. al-Furqan/25: 63 sesuai kaidah ilmu tajwid, khususnya hukum bacaan mad.
b.
Kelompok 2, 4,
dan 6: membaca Q.S. Al-Isra’/17: 26-27 sesuai kaidah ilmu tajwid, ususnya hukum
bacaan mad
ü Peserta didik yang pandai tersebar pada setiap
kelompok dan berperan sebagai tutor sebaya.
ü Secara berulang-ulang peserta didik membaca Q.S.
al-Furqan/25: 63, Q.S. Al-Isra’/17: 26-27 sesuai kaidah tajwid sesuai dengan
yang telah ditugaskan pada kelompoknya dipandu oleh tutor sebaya.
ü Guru tetap berperan sebagai narasumber
ü Menyampaikan tugas menyusun bahan presentasi tentang
rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sesuai dengan pesan Q.S. al-Furqan/25:
63, Q.S. Al-Isra’/17: 2627 serta hadis terkait
C.
Kegiatan
Penutup
ü Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Menjawab soal Flasback Hukum
Bacaan Mad
Penilaian Keterampilan : Membaca Q.S. al-Furqan/25:
63, Q.S. Al-Isra’/17: 26-27
Genteng,
18 juli 2022
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Hidup Bermartabat
dengan Rendah Hati, Hemat dan Hidup sederhana
Alokasi
Waktu : 3 JP (Pertemuan 2)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui Demonstrasi, peserta didik mampu menunjukkan
hafalan Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. Al-Isra’/17: 26-27 dan hadis terkait dengan
tartil, sehingga terbiasa menjalankan isi bacaan yang dibacanya pada Q.S.
al-Furqan/25: 63, Q.S. Al-Isra’/17: 26-27 serta hadis terkait.
Ø Melalu model pembelajaran product based learning,
peserta didik mampu menyusun bahan presentasi tentang rendah hati, hemat, dan
hidup sederhana sesuai dengan pesan Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. Al-Isra’/17:
2627 serta hadis terkait dan mempresentasikannya dengan kreatif, sehingga terbiasa menjalankan ajaran agama Islam tentang rendah hati,
hemat, dan hidup sederhana.
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
ü Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B.
Kegiatan Inti
ü Guru Bersama siswa membaca Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S.
Al-Isra’/17: 26-27 melalui media yang sudah disediakan (dalam LKPD pertemuan
sebelumnya)
ü Berdasarkan kelompok yang dibentuk pertemuan
sebelumnya setiap siswa secara bergantian mendemostrasikan hafalan Q.S. al-Furqan/25:
63, Q.S. Al-Isra’/17: 26-27 yang telah dikuasai
ü Siswa lain yang tidak sedang menghafal menyimak dan
memberikan penilaian kepada teman yang menghafal sesuai dengan rubrik yang
diberikan oleh guru dalam LKPD
ü Guru berperan sebagai narasumber dan fasilitator
ü Selesai menghafal nilai diserahkan kepada Guru
ü Setelah selesai menghafal Siswa menyusun bahan
presentasi tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sesuai dengan pesan
Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. Al-Isra’/17: 2627 serta hadis terkait dan mempresentasikannya
di depan kelas sesuai perwakilan kelompok
C.
Kegiatan
Penutup
ü Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Menjawab soal Flasback Materi
Rendah hati, hemat dan hidup sederhana
Penilaian Keterampilan : Menghafal, Menyususn
Presentasi
Genteng,
25 Juli 2022
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
02
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Meyakini Kitab-kitab
Allah Swt. Menjadi Generasi yang Cinta
Al-Qur’an
Alokasi
Waktu : 3 JP (Pertemuan 1)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui model pembelajaran berbasis penyingkapan
(discovery learning), peserta didik mampu menjelaskan makna dan memberikan
contoh penerapan tentang iman kepada kitab Allah dengan benar, sehingga
menerima semua kitab suci yang diturunkan Allah Swt.
Ø Melalui metode mencari pasangan atau Make a match
peserta didik mampu menjelaskan macam-macam kitab Allah beserta ketentuannya
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
ü Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B.
Kegiatan Inti
ü Guru Bersama siswa membaca Q.S.
Al Baqarah/2 : 4
ü Secara Mandiri Siswa mempelajari materi Kitab kitab
Allah melalui Materi yang disediakan guru atau yang sesuai dengan kebutuhan dan
karakter siswa (Kurang lebih 30 menit)
ü Guru merancang sebuah teori yang sesuai dengan siswa
untuk diulas. (buat dua kategori kartu yang terdiri dari soal dan jawaban yang
ada gambarnya).
ü Siswa akan menerima sebuah kartu dan mencari solusi
jawabannya.
ü Seluruh siswa akan melacak kartu yang cocok. Misalnya
Pertanyaan = jawaban
ü Siswa yang menemukan kartu yang cocok saling Berhadapan
dengan pasangan dan menjelaskan makna kartu
ü kepada pasangan.
ü Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum
batas waktu diberi poin.
ü Guru menunjuk pasangan untuk presentasi.
ü Setiap pasangan mempresentasikan secara bergiliran
hasil temuan mereka, sementara kelompok lain memperhatikan dan memberikan
tanggapan dan koreksi.
ü Siswa membuat kesimpulan dari hasil yang
dipresentasikan.
ü Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa
mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya.
ü Guru akan membimbing seluruh kelas untuk melahirkan
kesimpulan.
C.
Kegiatan
Penutup
ü Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis
Penilaian Keterampilan : Menghafal dalil Naqli tentang
kitab kitab Allah
Genteng,
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : IX / Ganjil
Materi
Pokok : Meyakini Kitab-kitab
Allah Swt. Menjadi Generasi yang Cinta
Al-Qur’an
Alokasi
Waktu : 3 JP (Pertemuan 2)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem
based learning) , peserta didik mampu memberi penilaian terhadap perilaku dalam
kehidupan sehari-hari berdasarkan makna iman kepada kitab Allah dengan benar,
sehingga terbiasa menghargai perbedaan dan bersikap toleran terhadap penganut
kitab suci yang berbeda
Ø Melalui pendampingan tutor sebaya, peserta didik dapat
membaca dan menunjukkan hafalan dalil naqli tentang iman kepada kitab dengan
benar, sehingga menjalankan ajaran kitab suci Al-Qur’an dalam kehisupan
seharihari.
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
ü Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B.
Kegiatan Inti
ü Guru Bersama siswa membaca Q.S. Al Baqarah/2 : 4
ü Secara Mandiri Siswa mempelajari dan mengerjakan LKPD
Tentang cerita atau permasalahan yang harus dipecahkan
ü Siswa mempresentasikan Hasil pengamatan secara
bergilir di depan kela
ü Berdasarkan kelompok yang dibentuk pertemuan
sebelumnya setiap siswa secara bergantian mendemostrasikan hafalan Q.S. Al
Baqarah/2 : 4 yang telah dikuasai
ü Siswa lain yang tidak sedang menghafal menyimak dan
memberikan penilaian kepada teman yang menghafal sesuai dengan rubrik yang
diberikan oleh guru dalam LKPD
ü Guru berperan sebagai narasumber dan fasilitator
ü Selesai menghafal nilai diserahkan kepada Guru
ü Siswa melaksanakan Ulangan Harian 1 [pilihan ganda 20
soal selama 30 menit melalui google formulir]
C.
Kegiatan
Penutup
ü Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Tes tulis
Penilaian Keterampilan : Menghafal dalil Naqli tentang
kitab kitab Allah
Genteng,
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Menghindari Minuman
Keras, Judi dan Pertengkaran
Alokasi
Waktu : 3 JP (Pertemuan 1)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui model pembelajaran berbasis Inquiry learning
(pembelajaran berbasis penemuan), peserta didik mampu menjelaskan pengertian
dan bahaya minuman keras, judi, dan pertengkaran, serta hikmah menghindarinya
dengan benar, sehingga terbiasa menjauhi perbuatan yang dilarang agama
Ø Melalui model product based learning (pembelajaran
berbasis produk),, peserta didik mampu menampilkan pameran dampak bahaya
mengomsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran dengan kreatif, sehingga
terbiasa bertanggungjawab terhadap diri dan lingkungannya dan menjaga amanah
orang tua dan guru dalam menghindarinya
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
ü
Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü
Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü
Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü
Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü
Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B. Kegiatan Inti
ü
Guru Bersama siswa membaca Q.S. Al Maidah [5] : 90,
Q.S. Az Zukhruf [43] : 58,
ü
Secara Mandiri Siswa mempelajari materi bahaya
mengomsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran melalui buku paket, Materi yang disediakan guru atau yang sesuai
dengan kebutuhan dan karakter siswa (Kurang lebih 30 menit)
ü
Guru meminta peserta didik untuk membaca rubrik
tafakur yang menceritakan tentang 51
korban yang meninggal akibat minum minuman keras oplosan. Menurut penjual, dia
mencampur obat batuk, lotion anti nyamuk dan cairan yang diduga ginseng
(disediakan dalam LKPD)
ü
Setelah membaca rubrik tafakur peserta didik diminta
untuk menuliskan pendapat tentang peristiwa tersebut. Dan menuliskan janji agar
menghindari minuman keras, judi dan pertengkaran membacakan di depan kelas.
ü
Pembelajaran ini berbasis Inquiry learning
(pembelajaran berbasis penemuan), product based learning (pembelajaran berbasis
produk) dengan scenario sebagai berikut
·
Merumuskan masalah: bagaimanakah minuman keras, judi
dan pertengkaran merusak kehidupan?
·
Mengembangkan hipotesis: minuman keras, judi dan
pertengkaran merusak kehidupan
·
Menguji jawaban tentative : Peserta didik diminta
mencari buktibukti yang menguatkan bahwa minuman keras, judi dan pertengkaran
merusak kehidupan manusia. Bukti-bukti dapat berupa berita dari koran, majalah,
televisi atau radio. Kemudian peserta
didik diminta menulis isi berita tersebut secara rinci yaitu judul berita, isi
berita, sumber berita dan tanggal penayangan berita.
·
Menarik kesimpulan
·
Menerapkan kesimpulan dan generalisasi
ü
Pada bagian ini guru harus berperan aktif menyediakan
sumber bacaan seperti koran, majalah atau rekaman serta alamat-alamat situs web
yang benar, apabila peserta didik diminya mencari di internet
ü
Guru berperan
sebagai fasilitator dan motivator pada saat peserta didik mengerjakan
kegiatan-kegiatan yang menuntut aktivitas dan kreativitas.
C. Kegiatan Penutup
ü
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
menyimpulkan materi
ü
pembelajaran Guru akan membimbing seluruh kelas untuk
melahirkan kesimpulan.
ü
Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü
Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü
Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis
Penilaian
Keterampilan : menampilkan pameran dampak bahaya mengomsumsi minuman keras,
judi, dan pertengkaran
Genteng,
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Menghindari Minuman
Keras, Judi dan Pertengkaran
Alokasi
Waktu : 3 JP (Pertemuan 2)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui model pembelajaran berbasis Inquiry learning
(pembelajaran berbasis penemuan), peserta didik mampu menjelaskan pengertian
dan bahaya minuman keras, judi, dan pertengkaran, serta hikmah menghindarinya
dengan benar, sehingga terbiasa menjauhi perbuatan yang dilarang agama
Ø Melalui model product based learning (pembelajaran
berbasis produk),, peserta didik mampu menampilkan pameran dampak bahaya
mengomsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran dengan kreatif, sehingga
terbiasa bertanggungjawab terhadap diri dan lingkungannya dan menjaga amanah
orang tua dan guru dalam menghindarinya
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
ü Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B.
Kegiatan Inti
ü Guru Bersama siswa membaca Q.S. Al Maidah [5] : 90,
Q.S. Az Zukhruf [43] : 58,
ü Secara Mandiri Siswa mempelajari materi bahaya
mengomsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran melalui buku paket, Materi yang disediakan guru atau yang sesuai
dengan kebutuhan dan karakter siswa (Kurang lebih 30 menit)
ü Dari hasil perncarian pertemuan sebelumnya Peserta
didik dapat mencari artikel atau berita yang berisi tentang dampak judi,
minuman keras dan pertengkaran. Masing-masing tiga artikel/berita.
ü Artikel dan berita tersebut dikumpulkan dalam satu
kelompok, dan disusun berupa pameran sesuai stand yang disediakan
ü Setiap orang dalam kelompok memiliki tugas masing
masing, ada yang menjaga stand dan ada yang berkeliling mencari informasi pada
pameran di kelompok lain
ü Setelah selesai kegiatan pameran, semua siswa dalam
kelompok Menyusun kesimpulan dari hasil yang diperoleh dari tiap kelompok dalam
pameran
ü Secara bergantian perwakilan kelompok
mempreasentasikan hasil kesimpulan dari temuan dalam pameran
ü Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator pada
saat peserta didik mengerjakan kegiatan-kegiatan yang menuntut aktivitas dan
kreativitas.
C.
Kegiatan
Penutup
ü Peserta didik dan guru secara bersama-sama
menyimpulkan materi
ü pembelajaran Guru akan membimbing seluruh kelas untuk
melahirkan kesimpulan.
ü Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis
Penilaian
Keterampilan : menampilkan pameran dampak bahaya mengomsumsi minuman keras,
judi, dan pertengkaran
Genteng,
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Menjadi Pribadi
Berintegritas dengan Perilaku Jujur dan Adil
Alokasi
Waktu : 3 JP (Pertemuan I)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui model pembelajaran berbasis penyingkapan
(discovery learning), peserta didik mampu menjelaskan pengertian Jujur dan Adilserta
hikmah Jujur dan Adildengan benar, dalam kehidupan sehari-hari
Ø Melalui model product based learning, peserta didik
mampu Menyajikan contoh-contoh prilaku jujur Adil dalam kehidupan sehari-hari
melalui sosio drama
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
ü Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B.
Kegiatan Inti
ü Guru Bersama siswa membaca Q.S. Al Ahzab [33] : 70,
Q.S. Al Maidah [5] : 8
ü Secara Mandiri Siswa mempelajari materi Jujur dan Adil
melalui buku paket, Materi yang
disediakan guru atau yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter siswa (Kurang
lebih 30 menit)
ü Guru Membagi dalam 4 kelompok
ü Setiap kelompok mendiskusikan keutamaan jujur, cara
agar istiqamah dalam perilaku jujur dan pentingnya kejujuran, keutamaan
menepati janji, akibat apabila tidak menepati janji, dan hubungan antara jujur
dengan menepati janji
ü Hasil jawaban setiap kelompok dari analisa gambar
tersebut dicatat pada kertas yang disajikan menarik, bisa menggunakan peta
konsep atau karya lain dengan mengandung pesan yang mudah dimengerti kelompok
lain
ü Tiap kelompok diberi kesempatan mempresentasikan hasil
diskusinya, kelompok lain memberikan tanggapan
ü Guru memberikan penguatan dengan penjelasan singkat
sesuai dengan tujuan pembelajaran
C.
Kegiatan
Penutup
ü Peserta didik dan guru secara bersama-sama
menyimpulkan materi
ü pembelajaran Guru akan membimbing seluruh kelas untuk
melahirkan kesimpulan.
ü Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis
Penilaian
Keterampilan : Menyajikan contoh-contoh prilaku jujur dan Adil dalam kehidupan
sehari-hari melalui sosio drama
Genteng,
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Mengasah Karakter
diri dengan jujur dan Adil
Alokasi
Waktu : 3 JP (Pertemuan 2)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui model pembelajaran berbasis penyingkapan
(discovery learning), peserta didik mampu menjelaskan pengertian Jujur dan Adil
serta hikmah Jujur dan Adil dengan benar, dalam kehidupan sehari-hari
Ø Melalui model product based learning, peserta didik
mampu Menyajikan contoh-contoh prilaku jujur dan Adil dalam kehidupan sehari-hari melalui sosio
drama
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
ü Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B.
Kegiatan Inti
ü Guru Bersama siswa membaca Q.S. Al Ahzab [33] : 70, Q.S.
Al Maidah [5] : 8
ü Secara Mandiri Siswa mempelajari materi Jujur dan Adil
melalui buku paket, Materi yang disediakan guru atau yang sesuai
dengan kebutuhan dan karakter siswa (Kurang lebih 30 menit)
ü Guru Membagi dalam 4 kelompok
ü Setiap kelompok Menyusun atau menyiapkan sekenario
drama bertema jujur dan Adil
ü Setiap kelompok berperan berperan untuk melakonkan
sekenario yang sudah di siapkan
ü Masing- masing siswa duduk di kelompoknya, masing-
masing sambil memperhatikan, mengamati sekenario yang sedang diperagakan. Dan
memberikan masukan dan kesimpulan terhadap perilaku jujur dan Adil yang diperagakan
ü evaluasi
C.
Kegiatan
Penutup
ü Peserta didik dan guru secara bersama-sama
menyimpulkan materi
ü pembelajaran Guru akan membimbing seluruh kelas untuk
melahirkan kesimpulan.
ü Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis
Penilaian
Keterampilan : Menyajikan contoh-contoh prilaku jujur dan Adil dalam kehidupan sehari-hari melalui sosio
drama
Genteng,
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Salat Sunah Berjamaah
dan Munfarid: Semakin Dekat dengan Allah Swt.
Alokasi
Waktu : 3 JP (Pertemuan 1)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui model berbasis masalah (problem based
learning) , peserta didik mampu menjelaskan pengertian, ketentuan, dan tata
cara salat sunah berjamaah dan munfarid, serta mampu memberikan solusi atas berbagai
persoalan dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan salat sunah berjamaah dan
munfarid, sehingga terbiasa menjalankan salat sunah berjamaah dan munfarid
dengan penuh semangat
Ø Melalui model project based learning, peserta didik
mampu merencanakan dan mendemonstrasikan penyelenggaraan dan pelaksanaan salat
sunah berjamaah dan munfarid, sehingga terbiasa memiliki kepedulian terhadap
sesama dan memiliki semangat gotong royong di lingkungan keluarga dan
lingkungan sekitar
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
ü Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B.
Kegiatan Inti
ü Secara Mandiri Siswa mempelajari materi Jujur dan Adil
melalui buku paket, Materi yang
disediakan guru atau yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter siswa (Kurang
lebih 30 menit)
ü Guru menentuan Pertanyaan Mendasar/merumuskan masalah:
Bagaimana kegiatan salat sunah berjamaah.
ü Mendesain Perencanaan Proyek :
a)
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
b) Masing-masing kelompok diberi tugas mengadakan proyek
kegiatan salat sunah berjamaah (Idulfitri, Idul Adha, tarawih, istiska dan
lain-lain)
c) Masing-masing kelompok diberi kesempatan membuat
perencanaan kegiatan (menentukan tujuan, menentukan petugas-petugas acara,
serta menyusun jadwal kegiatan)
d) Peserta didik menampilkan kegiatan salat sunah berjamaah
(Idul Fitri, Idul Adha , tarawih, istiska dan lain-lain) sesuai tugas mereka.
ü Guru sebagai fasilitator dan motivator
C.
Kegiatan
Penutup
ü Peserta didik dan guru secara bersama-sama
menyimpulkan materi
ü pembelajaran Guru akan membimbing seluruh kelas untuk
melahirkan kesimpulan.
ü Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis
Penilaian
Keterampilan : merencanakan dan mendemonstrasikan penyelenggaraan dan
pelaksanaan salat sunah berjamaah dan munfarid,
Genteng,
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Salat Sunah Berjamaah
dan Munfarid: Semakin Dekat dengan Allah Swt.
Alokasi
Waktu : 3 JP (Pertemuan 2)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui model berbasis masalah (problem based
learning) , peserta didik mampu menjelaskan pengertian, ketentuan, dan tata
cara salat sunah berjamaah dan munfarid, serta mampu memberikan solusi atas berbagai
persoalan dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan salat sunah berjamaah dan
munfarid, sehingga terbiasa menjalankan salat sunah berjamaah dan munfarid
dengan penuh semangat
Ø Melalui model Market Place Activity (MPA), peserta
didik mampu merencanakan dan mendemonstrasikan penyelenggaraan dan pelaksanaan
salat sunah berjamaah dan munfarid, sehingga terbiasa memiliki kepedulian
terhadap sesama dan memiliki semangat gotong royong di lingkungan keluarga dan
lingkungan sekitar
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
ü Pembelajaran dilaksanakan di Mushalla Sekolah
ü Siswa dan Guru berkumpul di Mushalla
ü Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B.
Kegiatan Inti
ü Guru menentuan Pertanyaan Mendasar/merumuskan masalah:
Bagaimana kegiatan salat sunah berjamaah.
ü Sesuai dengan Pertemuan sebelumnya dalam satu kelas
dibagi menjadi 4 kelompok (sesuai pembagian kelompok dalam project)
ü Menguji hasil
a)
Setiap kelompok
mempraktikkan Shalat sunah yang sudah direncanakan
b)
Kelompok lain
menyimak dan memberikan penilaian
ü Pada bagian ini banyak kegiatan-kegiatan yang menuntut
aktivitas dan kreativitas peserta didik sehingga guru dapat berperan sebagai
fasilitator dan motivator
C.
Kegiatan
Penutup
ü Peserta didik dan guru secara bersama-sama
menyimpulkan materi
ü pembelajaran Guru akan membimbing seluruh kelas untuk
melahirkan kesimpulan.
ü Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis
Penilaian
Keterampilan : merencanakan dan mendemonstrasikan penyelenggaraan dan
pelaksanaan salat sunah berjamaah dan munfarid,
Genteng,
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Salat Sunah Berjamaah
dan Munfarid: Semakin Dekat dengan Allah Swt.
Alokasi
Waktu : 3 JP (Pertemuan 2)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui model berbasis masalah (problem based
learning) , peserta didik mampu menjelaskan pengertian, ketentuan, dan tata
cara salat sunah berjamaah dan munfarid, serta mampu memberikan solusi atas berbagai
persoalan dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan salat sunah berjamaah dan
munfarid, sehingga terbiasa menjalankan salat sunah berjamaah dan munfarid
dengan penuh semangat
Ø Melalui model Market Place Activity (MPA), peserta
didik mampu merencanakan dan mendemonstrasikan penyelenggaraan dan pelaksanaan
salat sunah berjamaah dan munfarid, sehingga terbiasa memiliki kepedulian
terhadap sesama dan memiliki semangat gotong royong di lingkungan keluarga dan
lingkungan sekitar
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
ü Pembelajaran dilaksanakan di Mushalla Sekolah
ü Siswa dan Guru berkumpul di Mushalla
ü Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B.
Kegiatan Inti
ü Guru menentuan Pertanyaan Mendasar/merumuskan masalah:
Bagaimana kegiatan salat sunah berjamaah.
ü Sesuai dengan Pertemuan sebelumnya dalam satu kelas
dibagi menjadi 4 kelompok (sesuai pembagian kelompok dalam project)
ü Menguji hasil
a)
Setiap kelompok
mempraktikkan Shalat sunah yang sudah direncanakan
b)
Kelompok lain
menyimak dan memberikan penilaian
ü Pada bagian ini banyak kegiatan-kegiatan yang menuntut
aktivitas dan kreativitas peserta didik sehingga guru dapat berperan sebagai
fasilitator dan motivator
C.
Kegiatan
Penutup
ü Peserta didik dan guru secara bersama-sama
menyimpulkan materi
ü pembelajaran Guru akan membimbing seluruh kelas untuk
melahirkan kesimpulan.
ü Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis
Penilaian
Keterampilan : merencanakan dan mendemonstrasikan penyelenggaraan dan
pelaksanaan salat sunah berjamaah dan munfarid,
Genteng,
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Menjadi Remaja yang
Rendah Hatidengan Sujud Syukur, Sujud Sahwi, dan Sujud Tilawah
Alokasi
Waktu : 3 JP (Pertemuan 1)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui model pembelajaran berbasis penyingkapan
(discovery learning), peserta didik mampu menjelaskan pengertian, ketentuan,
dan tata cara sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi, serta mampu
mengevaluasi berbagai praktik sujud dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan
ketentuan dan tata cara sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi, sehingga
terbiasa menjalankan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi sebagai
perintah agama dengan khusyu
Ø Melalui project based learning, peserta didik mampu
mendemonstrasikan tata cara sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi,
sehingga terbiasa berperilaku tertib dan rendah hati sebagai implementasi
pelaksanaan sujud-sujud tersebut dalam kehidupan sehari-hari
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
ü Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B.
Kegiatan Inti
ü Secara Mandiri Siswa mempelajari materi Jujur dan Adil
melalui buku paket, Materi yang
disediakan guru atau yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter siswa (Kurang
lebih 30 menit)
ü Guru menentuan Pertanyaan Mendasar/merumuskan masalah:
Bagaimana kegiatan Sujud.
ü Mendesain Perencanaan Proyek :
a)
Siswa dibagi menjadi 6 kelompok
b) Masing-masing kelompok diberi tugas mengadakan proyek
kegiatan salat sunah berjamaah (Idulfitri, Idul Adha, tarawih, istiska dan
lain-lain)
c) Masing-masing kelompok diberi kesempatan membuat
perencanaan kegiatan (menentukan tujuan, menentukan petugas-petugas acara,
serta menyusun jadwal kegiatan)
d) Peserta didik menampilkan kegiatan Sujud (Sudud
Sahwi, Sujud Syukur, Sujud Tilawah) sesuai tugas mereka.
ü Guru sebagai fasilitator dan motivator
C.
Kegiatan
Penutup
ü Peserta didik dan guru secara bersama-sama
menyimpulkan materi
ü pembelajaran Guru akan membimbing seluruh kelas untuk
melahirkan kesimpulan.
ü Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis
Penilaian
Keterampilan : merencanakan dan mendemonstrasikan penyelenggaraan dan
pelaksanaan salat sunah berjamaah dan munfarid,
Genteng,
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Menjadi Remaja yang
Rendah Hatidengan Sujud Syukur, Sujud Sahwi, dan Sujud Tilawah
Alokasi Waktu :
3 JP (Pertemuan 2)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui model pembelajaran berbasis penyingkapan
(discovery learning), peserta didik mampu menjelaskan pengertian, ketentuan,
dan tata cara sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi, serta mampu
mengevaluasi berbagai praktik sujud dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan ketentuan
dan tata cara sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi, sehingga terbiasa
menjalankan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi sebagai perintah agama
dengan khusyu
Ø Melalui project based learning, peserta didik mampu
mendemonstrasikan tata cara sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi,
sehingga terbiasa berperilaku tertib dan rendah hati sebagai implementasi
pelaksanaan sujud-sujud tersebut dalam kehidupan sehari-hari
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
ü Pembelajaran dilaksanakan di Mushalla Sekolah
ü Siswa dan Guru berkumpul di Mushalla
ü Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B.
Kegiatan Inti
ü Guru menentuan Pertanyaan Mendasar/merumuskan masalah:
Bagaimana kegiatan salat sunah berjamaah.
ü Sesuai dengan Pertemuan sebelumnya dalam satu kelas
dibagi menjadi 6 kelompok (sesuai pembagian kelompok dalam project)
ü Menguji hasil
a)
Setiap kelompok
mempraktikkan Sujud yang sudah direncanakan
b)
Kelompok lain
menyimak dan memberikan penilaian
ü Pada bagian ini banyak kegiatan-kegiatan yang menuntut
aktivitas dan kreativitas peserta didik sehingga guru dapat berperan sebagai
fasilitator dan motivator
C.
Kegiatan
Penutup
ü Peserta didik dan guru secara bersama-sama
menyimpulkan materi
ü pembelajaran Guru akan membimbing seluruh kelas untuk
melahirkan kesimpulan.
ü Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis
Penilaian
Keterampilan : mendemonstasikan tata cara sujud syukur, sujud tilawah, dan
sujud sahwi
Genteng,
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMPN 3 GENTENG
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas / Semester :
VIII / Ganjil
Materi Pokok :
Meneladani Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Bani Umayyah
Alokasi Waktu :
3 JP (Pertemuan 1)
1. Tujuan Pembelajaran
Ø Melalui model metode
pembelajaan berbasis masalah (berbasis masalah (problem based learning) ),
peserta didik mampu memberi contoh penerapan nilai keteladanan para ilmuwan
muslim dalam kehidupan sehari-hari sebagai pelajar dengan benar, dan terbiasa
mensyukuri kesempatan belajar di sekolah dengan meneladani nilai-nilai
keteladanan ilmuwan muslim pada masa Umayah sebagai seorang pelajar
Ø Melalui metode
penugasan, peserta didik mampu menjelaskan sejarah Dinasti Umayah dan
pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Umayah, serta mampu menyusun
peta konsep tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah dan
menuangkannya dalam bentuk majalah dinding tiga dimensi dengan kreatif, serta
terbiasa tekun dalam belajar untuk memenuhi rasa ingin tahu yang tinggi
terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi
2. Langkah – Langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
ü
Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü
Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü
Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü
Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü
Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B. Kegiatan Inti
Metode yang
diterapkan untuk mencapai kompetensi dasar ini antara lain metode pembelajaan
berbasis masalah (berbasis masalah (problem based learning) ) dan
penugasan. Tugas yang diberikan
pada bab ini adalah membuat time line
atau garis waktu. Peserta didik diminta untuk membaca materi kemudian membuat
garis lurus mendatar. Garis tersebut
diberi titik atau tanda kemudian ditulis tahun atau waktu tertentu di mana terdapat peristiwa penting
yang terjadi di masa pertumbuhan ilmu pengeahuan masa bani Ummayah.
ü
Kelas di bagi dalam kelompok kecil terdiri 4-5 Siswa
ü
Setiap kelompok mempelajari materi tentang pertumbuhan
pengetahuan pada masa Bani Umayyah di dari berbagai sumber
ü
Kemudian Setiap kelompok membuat time line tentang
pertumbuhan ilmu pada masa bani Umayyah periode I dan II.
ü
Langkah-langkah membuat timeline
1) Merumuskan masalah
2) Menganalisis masalah
3) Merumuskan hipotesis
4) Mengumpulkan data
5) Pengujian hipotesis
6) Merumuskan rekomendasi pemecahan masalah
ü
Hasil timeline di susun dalam bentuk naskah, dan di
presentasikan dalam pertemuan berikutnya
ü
Guru sebagai fasilitator dan motivator
C. Kegiatan Penutup
ü
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
menyimpulkan materi
ü
pembelajaran Guru akan membimbing seluruh kelas untuk
melahirkan kesimpulan.
ü
Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü
Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü
Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3. Penilaian
Penilaian
Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tulis
Penilaian Keterampilan : menyusun peta konsep tentang
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah
Genteng,
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 3 GENTENG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti (PAIBP)
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Meneladani Sejarah
Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Bani Umayyah
Alokasi
Waktu : 3 JP (Pertemuan 2)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Melalui model metode pembelajaan berbasis masalah
(berbasis masalah (problem based learning) ), peserta didik mampu memberi
contoh penerapan nilai keteladanan para ilmuwan muslim dalam kehidupan sehari-hari
sebagai pelajar dengan benar, dan terbiasa mensyukuri kesempatan belajar di
sekolah dengan meneladani nilai-nilai keteladanan ilmuwan muslim pada masa
Umayah sebagai seorang pelajar
Ø Melalui metode penugasan, peserta didik mampu
menjelaskan sejarah Dinasti Umayah dan pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa
Dinasti Umayah, serta mampu menyusun peta konsep tentang sejarah pertumbuhan
ilmu pengetahuan pada masa Umayah dan menuangkannya dalam bentuk majalah
dinding tiga dimensi dengan kreatif, serta terbiasa tekun dalam belajar untuk
memenuhi rasa ingin tahu yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi
2.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
ü Guru memasuki ruangan dengan senyum dan salam
ü Guru mengecek daftar hadir, dan kesiapan belajar siswa
ü Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran dan
dilanjutkan dengan Basmalah
ü Dipandu Salah satu siswa memulai doa belajar
ü Dipandu salah satu siswa membaca ayat Al-Quran pilihan
ü Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan,
dan kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan Teknik penilaian
B.
Kegiatan Inti
ü Guru membagi Kelas dalam kelompok kecil terdiri 4-5
Siswa, sesuai kelompok pertemuan sebelumnya
ü Setiap kelompok secara bergiliran memperesentasikan
timeline yang sudah dibuat sebelumnya
ü Siswa lain tetap dalam kelompoknya menyimak, memberi
tanggapan dan penilaian
ü Guru sebagai fasilitator dan motivator
ü Evaluasi
C.
Kegiatan
Penutup
ü Peserta didik dan guru secara bersama-sama
menyimpulkan materi
ü pembelajaran Guru akan membimbing seluruh kelas untuk
melahirkan kesimpulan.
ü Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait
seluruh proses belajar yang sudah dilaksnakan.
ü Guru dan peserta bersama-sama mengucapkan hamdalah dan
pengakuan terhadap kekurangan dengan menyebutkan Wallahu A’lam bi al-shawab
ü Pelajaran berahir, guru mengucapkan salam
3.
Penilaian
Penilaian Sikap : Jurnal Observasi Guru
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis
Penilaian
Keterampilan : menyusun peta konsep tentang sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan pada masa Umayah
Genteng,
Kepala SMPN 3 Genteng Guru
Pend. Agama Islam
Dra. DWIANE WULANDHARI, M.Si IKOATUL ANISAH,
S.PdI
No comments:
Post a Comment